SEJARAH BIMBEL NURUL FIKRI

Di tengah pesatnya kemajuan teknologi, kebutuhan akan manusia-manusia cerdas, terampil dan mandiri, merupakan kebutuhan yang harus terpenuhi. Hal ini merupakan konsekuensi logis dari sebuah perubahan ke arah kemajuan. ”iklim” yang nyaris sama di seluruh belahan dunia akibat globalisai informasi mengakibatkan kebutuhan akan manusia-manusia unggul semakin mendesak. Namun, manusia yang semata-mata cerdas terampil dan mandiri saja tidak menjamin akan dapat memberikan kontribusi yang positif dalam kehidupan. Tanpa pembekalan iman dan takwa kepada Allah SWT, manusia-manusia yang menguasai IPTEK tersebut justru akan mengarahkan peradaban umat manusia ke lembah kehancuran.

Manusia yang cerdas, terampil dan mandiri sekaligus beriman dan bertakwa tidak muncul dengan sendirinya. Kehadirannya harus direkayasa dengan sengaja. Untuk itu, upaya-upaya yang tepat dan berkesinambungan mutlak dilakukan.

Bertolak dari pemikiran itu, BKB NURUL FIKRI berupaya berkiprah membangun sejumlah institusi pendidikan yang diharapkan mampu menjawab kebutuhan ummat dalam menyongsong masa depan yang gemilang sehingga predikat Khairu Ummah (ummat terbaik) dan Rahmatan lil ’Alamin (Rahmat bagi semesta alam) dapat diraih.

MISI NURUL FIKRI
  • Membantu para pelajar untuk memperoleh kesempatan guna melanjutkan studi di perguruan tinggi negeri (PTN) dengan biaya yang relatif terjangkau. 
  • Mewujudkan sarana dan fasilitas pendidikan yang baik yang mampu menunjang aktifitas pendidikan yang telah direncanakan sehingga dapat mencetak lulusan yang berkualitas.
  • Menyediakan sarana-sarana yang menunjang kesejahteraan umat pada umumnya, terutama dari segi pendidikan.
  • Mencetak pribadi-pribadi yang memiliki pemahaman yang mendalam dan menyeluruh terhadap ajaran Islam, wawasan berfikir yang luas, cerdas, kreatif, inovatif ditunjang semangat belajar yang tinggi. Menjadi media bagi penyebarluasan idealisme Islam di kalangan masyarakat akademisi, intelektual dan masyarakat luas. 
SEJARAH SINGKAT BIMBINGAN DAN KONSULTASI BELAJAR NURUL FIKRI

Bimbingan dan Konsultasi Belajar Nurul Fikri (BKB NF) merupakan salah satu institusi pendidikan yang berada di bawah naungan Yayasan Nurul Fikri. BKB Nurul Fikri dirintis sejak tahun 1985 oleh sekumpulan mahasiswa dan sarjana muslim Universitas Indonesia yang memiliki kepedulian tinggi terhadap kondisi umat saat itu. Mereka kemudian saling bertukar fikiran mencari bentuk amal nyata yang dapat disumbangkan. Tercetuslah ide untuk menyelenggarakan suatu aktifitas yang sesuai dengan potensi yang mereka miliki, yaitu membuat lembaga bimbingan belajar.

Untuk pertama kalinya Bimbingan dan Konsultasi Belajar Nurul Fikri menyelenggarakan aktifitasnya di Jl. Kenari Jakarta pusat. Waktu itu jumlah siswanya hanya 35 orang, khusus bimbingan untuk menghadapi SBMPTN (dulu dikenal dengan sebutan SIPENMARU). Dari 35 siswa tersebut semuanya diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit, dua diantaranya masuk sekolah kedinasan.

Keberhasilan ini memicu para perintis untuk lebih serius mengelola lembaga yang telah didirikan. Kini, Nurul Fikri sudah memiliki 140-an cabang yang tersebar dari di pulau Jawa dan pulau lain, dengan jumlah siswa sekitar ribuan dari berbagai jenjang, mulai 5 SD hingga kelas alumni SLTA. 

Di Sumatera, NF berdiri tahun 2003 tepatnya di Padang (Sumatera Barat) yang dikelola oleh tenaga-tenaga profesional di dunia perbimbelan yang mayoritas adalah alumni-alumni UI. Kepercayaan siswa-siswi bergabung di Nurul Fikri Cabang Padang bertambah seiring perjalanan waktu, dari tahun pertama berdirinya (2003) sebanyak 350 siswa/i hingga kini mencapai 2300-an. 

Dengan tingkat kelulusan selalu diatas 56%. Bahkan lulusan untuk PTN favorit makin bertambah jumlahnya. Begitu pula kepercayaan sekolah-sekolah untuk kerjasama dalam pelatihan guru setiap mendekati pelaksanaan belajar tambahan jelang UN. Saat ini di Padang, NF tersebar dalam empat lokasi yaitu Lokasi Belakang Olo, Ratulangi, Rohana Kudus dan Veteran dengan suasana belajar yang nyaman.

Sejak awal berdirinya, Nurul Fikri telah membuktikan diri untuk tetap komitmen mewujudkan prestasi dalam setiap jenjang pendidikan. Nurul Fikri sebagai bimbingan belajar tidak hanya memberikan pengetahuan akademis semata, melainkan turut membimbing serta membina para siswa menjadi generasi unggul, Insya Allah...

Tersedianya SDM yang handal dan perangkat pendukung yang canggih merupakan jaminan mendapatkan mutu yang berbasis pada:

Pedagogis bukan retorika.
Informasi bukan issue. 
Substansi bukan kosmetika.
Data bukan rekaan.

Selain jumlah perkembangan jumlah siswa yang cukup pesat, BKB Nurul Fikri juga telah berhasil mencatat prestasi yang menggembirakan dalam membantu siswa menembus berbagai PTN favorit melalui jalur SNMPTN maupun SBMPTN.

PENGAJAR

Para staf pengajar Nurul Fikri adalah pengajar-pengajar yang handal dan berpengalaman, terdiri dari sarjana dan mahasiswa yang memiliki prestasi, baik dari ITB, UI, UGM, UNPAD, UNJ, UPI dan PTN favorit lainnya di samping beberapa staf pengajar yang telah / sedang menyelesaikan program pasca sarjana di ITB, UI, UGM dan PTN lainnya. 

MODUL BELAJAR 

Dengan pengalaman ribuan jam mengajar di kelas selama bertahun-tahun yang dimiliki tim penyusun modul belajar serta dukungan software pengujian dan analisis mutakhir, maka lahirlah modul belajar BKB Nurul Fikri yang bermutu, sistematis dan handal. 

PROGRAM BKB NURUL FIKRI 

1. Program Reguler, semester 1 dan semester 2. 

Program ini diperuntukan bagi siswa siswi yang menduduki jenjang kelas: 
  • 4, 5 dan 6 SD 
  • 1,2, dan 3 SMP 
  • 1, 2, dan 3 SMA 
Sasaran program ini adalah: 
  • Penguasaan konsep dasar materi pelajaran di sekolah 
  • Pemantapan dan peningkatan prestasi akademik 
  • Persiapan ulangan umum semester 
  • Persiapan dini penjurusan (kelas 1 SMA) 
  • Persiapan dini UAS dan UAN dan SBMPTN untuk kelas 3 SMA. 

Program Ronin adalah program khusus yang dikembangkan BKB Nurul Fikri bagi alumni SLTA yang ingin meraih sukses di SPMB. Melalui program RONIN, siswa-siswi mendapat bimbingan dan pengarahan sejak dini untuk menguasai dan memahami konsep-konsep dasar materi SPMB. Mereka juga dilatih secara intensif untuk menguasai soal-soal tipe SPMB sehingga kemampuan dan daya saing yang mereka miliki semakin bertambah, dan mereka memiliki kesempatan yang lebih besar untuk sukses di SBMPTN

3. Program INTENSIF 

Program intensif merupakan program persiapan total dalam menghadapi SBMPTN. Para siswa diberikan latihan ribuan soal tipe SBMPTN secara intensif. Waktu pelaksanaanya tiga hari setelah Ujian Nasional (UN) hingga tiga hari sebelum SBMPTN

CIRI KHAS BKB NURUL FIKRI

A. Konsep Dasar

BKB Nurul Fikri bukan sekedar bimbingan tes yang mengajarkan berbagai trik mengerjakan soal dengan cepat dan mudah kepada para siswanya. BKB Nurul Fikri berupaya memberikan pemahaman konsep dasar yang tepat dan lengkap, dengan mengembangkan suatu metode praktis yang mencoba mentranformasikan penguasaan konsep pelajaran ke dalam perilaku siswa agar mampu menyelesaikan soal-soal secara sistematis dengan hasil akhir: 
  • Tahu dari mana harus menyelesaikan soal. 
  • Berinisiatif. 
  • Menyenangi. 
  • Mampu dan mengetahui kapan menggunakan rumus-rumus umum dan kapan pula menggunakan rumus praktis. 
  • Melekat, sehingga mendukung proses belajar pada jenjang yang lebih tinggi. 
Karena konsepnya adalah pembentukan perilaku, maka hasil yang optimal ditentukan oleh faktor waktu lamanya berinteraksi. Dengan demikian semakin dini bergabung BKB Nurul Fikri diharapkan hasilnya akan semakin baik.

B. Pembinaan Kepribadian Muslim

BKB Nurul Fikri tidak puas sekedar memberikan bekal intelektual kepada para siswanya. BKB Nurul Fikri berusaha melakukan pembinaan kepribadian muslim yang ditekankan pada pembentukan akhlaqul karimah. Materi-materi terkait diberikan kepada para siswa pada saat proses belajar mengajar berlangsung.

Topik-topik bimbingan diantaranya
  • Mengenal Allah.
  • Mengenal Rasul. 
  • Mengenal Islam.
  • Mengenal hakekat diri.
  • Mengenal hakekat kehidupan. 
  • Akhlak terhadap orang tua.
  • Akhlak terhadap guru.
  • Dinamika kelompok. 
  • Kreativitas.
  • Gaya belajar. 
  • Alternatif pendidikan setelah SLTP.
  • Alternatif pendidikan setelah SLTA.
  • Informasi Nilai Nasional dan Matriks Bantu Pemilihan Jurusan (MBPJ).
  • Informasi jurusan-jurusan di Perguruan Tinggi.
  • Bimbingan dan konseling lainnya. 
Topik-topik bimbingan tersebut disampaikan dalam kegiatan tatap muka di kelas melalui sesi Bimbingan dan Informasi Pendidikan (BIP) yang dikelola oleh sejumlah sarjana Psikologi dan didukung oleh tenaga pengajar dari berbagai disiplin ilmu yang lain. Selain itu, BKB Nurul Fikri juga berupaya untuk menciptakan suasana Islami selama berlangsungnya proses belajar mengajar. 

C. Biaya yang Terjangkau 

BKB Nurul Fikri dikelola berdasarkan motivasi amal Islami, bukan bisnis semata, sehingga sama sekali tidak ada pretensi untuk memberatkan para siswa dengan menuntut biaya yang tinggi. Biaya yang dikenakan oleh BKB Nurul Fikri Insya Alloh reasonable dan terjangkau oleh masyarakat dari berbagai tingkat ekonomi, karena kami memang berharap bahwa pelayanan yang disediakan BKB Nurul Fikri dapat dinikmati oleh kalangan seluas mungkin. 

D. Pengolahan Nilai Try Out SBMPTN 

Dalam setiap Try Out SBMPTN yang dilakukan di BKB Nurul Fikri, baik pada program reguler maupun program intensif, nilai peserta akan diolah dengan menggunakan sistem penghitungan Nilai Nasional seperti di SBMPTN asli. Hasil penghitungan Nilai Nasional tersebut nantinya dapat dipergunakan siswa untuk memilih jurusan yang sesuai dengan nilai yang mereka peroleh melalui MBPJ (Matriks Bantu Pemilihan Jurusan) yang merupakan paduan praktis bagi siswa untuk memilih jurusan yang sesuai dengan kemampuan mereka. 

E. Kemitraan yang Harmonis dengan Sekolah 

Nurul Fikri sadar, keberhasilan para siswa dalam menempuh UN atau UAN (Ujian Akhir Nasional), SBMPTN, USM dan lain-lain, bukanlah berkat keberadaan NF semata. Para guru di sekolah mendidik para siswa 6 hari sepekan, setiap hari lebih dari 6 jam. Sementara para siswa tersebut bersama BKB Nurul Fikri hanya 2 hari sepekan, setiap harinya 3 jam. Maka hubungan yang harmonis antara BKB Nurul Fikri dengan sekolah merupakan salah satu kunci keberhasilan pendidikan para siswa. 

SISTEM EVALUASI DAN PELAPORAN 

1. TES FORMATIF (TF) dan TES HARIAN (TH) 

Yaitu sajian tes yang harus dikerjakan oleh siswa untuk mengukur daya serap siswa terhadap materi yang telah disampaikan pada setiap pertemuan. 

2. KUIS 

Yaitu tes yang diadakan untuk mengukur daya serap siswa terhadap sejumlah pokok bahasan yang telah disampaikan. 

3. TES EVALUASI (TE) dan TRY OUT (TO) 

Yaitu ramuan tes yang mengandung sejumlah pelajaran yang akan diujikan pada tes-tes yang diselenggarakan oleh sekolah. Tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa sekaligus membantu siswa dalam menghadapi tes-tes di sekolah maupun SPMB. 

4. PROBLEM SET 

Yaitu kumpulan soal yang telah dibukukan yang harus dikerjakan di rumah oleh para siswa dan dilaporkan hasilnya ke BKB Nurul Fikri. Pemberian PS ini dimaksudkan agar siswa terbiasa belajar rutin dan ulet. 

5. RAPORT STANDAR 

Selama belajar di BKB Nurul Fikri, siswa akan mendapatkan nilai dari tes-tes yang diberikan, hasilnya lalu dirangking dengan siswa BKB Nurul Fikri seluruh cabang / secara nasional. Selanjuatnya, agar lebih mudah melakukan kontrol, nilai tersebut dilaporkan secara rutin dalam bentuk RAPOR STANDAR. Rapor ini dibuat menyerupai rapor di sekolah. Bedanya, nilai siswa tidak dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas melainkan dibandingkan dengan nilai standar yang ditetapkan BKB Nurul Fikri. Dengan demikian kemajuan belajar siswa selama di BKB Nurul Fikri dapat dicermati dari tes ke tes, dan dari semester ke semester. 

6. PERANGKAT KOREKSI 

Untuk dapat menilai hasil-hasil tes yang diikuti oleh siswa, maka tes tersebut selanjutnya diolah dengan dukungan Mesin OpScan, sistem komputerisasi dan Software pendidikan mutakhir. 

KERJASAMA 

Dalam rangka menjalin silaturahim dengan lembaga-lembaga lain, BKB Nurul Fikri telah menjalin hubungan baik dengan beberapa sekolah / lembaga, baik swasta maupun negeri dalam berbagai hal seperti: Layanan Presentasi Informasi Pendidikan (LPIP) ke sekolah-sekolah, kerja sama kemitraan Bimbingan Belajar dengan sejumlah sekolah, mensponsori berbagai kegiatan pendidikan dan ilmiah yang diselenggarakan oleh sekolah-sekolah dan perguruan tinggi, dan lain-lain.
Blog, Updated at: 4:37 AM
:: Nurul Fikri Mendidik Diri - Mendidik Generasi Baru. KITA MAJU BERSAMA ALLAH MENUJU MASA DEPAN CEMERLANG ::