Serba-serbi SBMPTN 2014


INFORMASI TERBARU SBMPTN 2014


Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) secara resmi telah diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, M. Nuh, di Gedung A Kemendikbud Jakarta pada hari Jumat, 21 Mei 2014. Selain acara peluncuran SBMPTN, dilakukan juga penandatanganan kerja sama dengan Bank Mandiri dan PT Telkom sebagai mitra penyelenggaraan SBMPTN 2014 disamping PT Pos Indonesia yang penandatanganan kerjasamanya telah dilakukan sebelumnya.

Dalam laporannya, Ketua Umum SNMPTN-SBMPTN Prof. Ganjar Kurnia memaparkan persiapan penyelenggaraan SBMPTN. Berbeda dengan penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, ujian tertulis SBMPTN hanya akan diselenggarakan satu hari saja yakni pada 17 juni 2014 yang juga bertepatan dengan penyelenggaraan registrasi bagi yang lulus SNMPTN.

Berbeda dari tahun 2013, pada tahun ini ujian hanya akan dilaksanakan satu hari dengan dua mata uji, yaitu Tes Kemampuan Potensi Akademik (TKPA)  dan Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD Saintek) untuk peserta yang memilih kelompok program studi Saintek, Tes Kemampuan Potensi Akademik (TKPA) dan Tes Kemampuan Dasar Sosial Humaniora (TKD Soshum) untuk peserta yang memilih program studi Sosial Humaniora. Sedangkan bagi  peserta yang memilih keduanya (campuran), harus mengikuti tiga mata uji, yaitu TKPA, TKD Saintek dan TKD Soshum” ujar Prof. Ganjar Kurnia.

Ujian keterampilan bagi prodi yang mensyaratkannya akan diselenggarakan pada 18 dan/atau 19 juni 2014. Masa pendaftaran secara online akan dilakukan pada 12 Mei – 6 Juni 2014 dan hasil seleksi akan diumumkan pada 16 Juli 2014.

Selain penyelenggaraan ujian tertulis yang hanya 1 hari, pada SBMPTN 2014 juga terjadi penurunan biaya seleksi. Dengan adanya bantuan pemerintah, calon peserta cukup membayar Rp 100.000 untuk semua kelompok ujian, baik untuk yang mengikuti kelompok SAINTEK, SOSHUM, CAMPURAN maupun yang mengikuti ujian KETERAMPILAN. Sebagai perbandingan, pada tahun lalu peserta membayar Rp 175.000 untuk kelompok ujian Soshum atau Saintek, Rp 200.000 untuk Campuran, dan Rp 150.000 perjenis ujian keterampilan.

Direncanakan pula pada SBMPTN 2014, prosedur pendaftaran tidak seperti yang lalu. Sekarang, peserta mendaftar secara online terlebih dahulu baru kemudian melakukan pembayaran ke bank.

Untuk mengetahui informasi sekitar SBMPTN 2014, masyarakat dapat mengakses laman resmi panitia yakni http://sbmptn.or.id, dan untuk layanan bantuan, dapat menghubungi callcenter di 0804-1-456-456 atau laman halo.sbmptn.or.id.

    Jadwal dibawah adalah Jadwal Ujian Tes Tulis SBMPTN 2014. Berikut mata pelajaran yang diujikan untuk tes tulis SBMPTN 2014 pada tanggal 17 Juni 2014:

1. Ujian Tertulis 
  • Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TPA, B. Indonesia dan B. Inggris).
  • Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD Saintek) terdiri atas mata uji Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
  • Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.
2. Ujian Keterampilan 
  • Ujian keterampilan diperuntukkan bagi peminat Program Studi bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan.
  • Ujian Keterampilan Bidang Ilmu Seni terdiri atas tes pengetahuan dan keterampilan bidang ilmu seni.
  • Ujian Keterampilan Bidang Ilmu Keolahragaan terdiri atas tes kesehatan dan kesegaran jasmani.
  • Ujian Keterampilan dapat diikuti di PTN terdekat yang memiliki program studi yang sesuai dengan pilihan peserta. Daftar PTN penyelenggara ujian keterampilan secara lengkap dapat dilihat di laman http://www.sbmptn.or.id.


Ditulis Oleh : NF BUBAT ~Nurul Fikri Bandung

NF Bandung Anda sedang membaca artikel berjudul Serba-serbi SBMPTN 2014 yang ditulis oleh Nurul Fikri Bandung. Silahkan meninggalkan komentar jika ingin menambahkan dan berbagi kepada yang lain. Komentar positif dari Anda sangat bermanfaat bagi Kami.

:: LAKUKAN YANG TERBAIK, MAKA KITA AKAN HASILKAN YANG TERBAIK ::


Blog, Updated at: 12:45 AM
:: Nurul Fikri Mendidik Diri - Mendidik Generasi Baru. KITA MAJU BERSAMA ALLAH MENUJU MASA DEPAN CEMERLANG ::