Langkah-langkah Setelah diterima SNMPTN Undangan



Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan calon mahasiswa yang telah dinyatakan lulus via jalur SNMPTN Undangan. Calon mahasiswa yang telah lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) harus melakukan proses registrasi. Dengan demikian, barulah calon mahasiswa tersebut resmi menjadi mahasiswa baru di perguruan tinggi. Proses registrasi dilakukan pada 17 Juni 2014. 


Calon mahasiswa harus membawa bukti-bukti untuk melengkapi verifikasi data akademik dan juga data ekonomi. "Verifikasi data akademik, mahasiswa dengan membawa rapor dan portofolio lainnya dilaksanakan di PTN tempat mahasiswa diterima," kata Ketua Panitia SNMPTN Ganjar Kurnia, Senin (26/5/2014). 

Ganjar menjelaskan, mahasiswa harus datang dengan membawa nilai rapor asli. Nilai-nilai tersebut haruslah sama dengan yang dia laporkan ketika mengisi data akademis seleksi SNMPTN. "Kalau kemudian rapornya tidak sama dengan yang dilaporkan, seleksinya lulus, tapi belum tentu diterima (di perguruan tinggi)," katanya. 

Begitu pun dengan registrasi ekonomi. Panitia akan mengevaluasi kemampuan ekonomi calon mahasiswa. Apakah benar kemampuan finansial orangtua calon mahasiswa sesuai dengan yang dia tuliskan sewaktu mendaftar. 

"Pada saat seleksi, akan terlihat gayanya. Apakah dia benar mampu atau tidak. Jika tidak sesuai dengan yang dikatakan, akan didatangkan tim khusus ke rumahnya," ujar Ganjar. 

SNMPTN merupakan seleksi masuk berdasarkan tiga indikasi nilai siswa pada saat mereka berada di sekolah menengah atas, di antaranya, indeks sekolah, yaitu akreditasi sekolah, evaluasi rapor dan prestasi lainnya, serta kelulusan UN dan nilai murni UN. 

Hasil SNMPTN akan diumumkan pada Selasa (27/5/2014) pukul 12.00. Hasil itu akan diumumkan melalui situs resmi SNMPTN dan perguruan tinggi penyelenggara. (Sumber: Kompas.Com)


Ditulis Oleh : Unknown ~Nurul Fikri Bandung

NF Bandung Anda sedang membaca artikel berjudul Langkah-langkah Setelah diterima SNMPTN Undangan yang ditulis oleh Nurul Fikri Bandung. Silahkan meninggalkan komentar jika ingin menambahkan dan berbagi kepada yang lain. Komentar positif dari Anda sangat bermanfaat bagi Kami.

:: LAKUKAN YANG TERBAIK, MAKA KITA AKAN HASILKAN YANG TERBAIK ::


Blog, Updated at: 12:28 AM
:: Nurul Fikri Mendidik Diri - Mendidik Generasi Baru. KITA MAJU BERSAMA ALLAH MENUJU MASA DEPAN CEMERLANG ::