Panduan Mudah Memperoleh KAP dan PIN SBMPTN


Pada proses pendaftaran ujian tulis SBMPTN 2014 diperlukan syarat KAP dan PIN untuk menyelesaikan proses pendaftaran tersebut. Sebetulnya apa kegunaan KAP dan PIN serta bagaimana cara mendapatkan KAP dan PIN SBMPTN tersebut?

KAP (Kode Akses Pendaftaran) adalah suatu kode yang harus digunakan pada saat melakukan pendaftaran Sbmptn secara online. Selain KAP, digunakan juga PIN atau bisa dikatakan Sandi yang harus digunakan untuk login ke situs http://ujian.sbmptn.or.id untuk melakukan data peserta ujian tes SBMPTN. Jadi Kedua-duanya KAP dan PIN harus digunakan pada saat login ke situs pendaftaran SBMPTN, jika salah satu saja tidak ada (KAP atau PIN) maka proses login tidak akan berhasil.

Lalu Bagaimana cara mendapatkan KAP dan PIN SBMPTN ini?? Berikut admin Nurul Fikri Bandung mencoba menjelaskan secara simpel.

Langkah pertama adalah mengunjungi link https://pendaftaran.sbmptn.or.id/daftarkap.php kemudian masukkan rangkaian huruf yang tertera di laman tersebut.


Kemudian akan muncul form yang harus diisi seperti nama peserta, alamat peserta, tempat tanggal lahir, jumlah saudara, sampai penghasilan orang tua. Isilah dengan keadaan sebenar-benarnya dan jangan sampai ada kesalahan dalam memasukkan data. Kesalahan mengisi data dapat membuat Anda harus membayar biaya ujian lagi. Jangan lupa centang tulisan “Saya bersedia memenuhi ketentuan Biaya Pendidikan (Uang Kuliah Tunggal) program studi yang ditetapkan oleh PTN yang saya pilih, sesuai data penghasilan orang tua / wali yang telah saya isikan dengan sebenar-benarnya.”. Periksa kembali terlebih dahulu sebelum melakukan proses selanjutnya. Jika data yang dimasukkan benar, langkah selanjutnya yaitu kilk tombol “SIMPAN”.


Setelah itu akan muncul halaman konfirmasi biodata. Jangan lupa centang saya setuju pada halaman paling bawah dibawah tulisan “Saya menyatakan bahwa data yang saya isikan dalam borang ini sudah benar. Saya bersedia menerima sanksi pembatalan penerimaan di PTN yang saya pilih apabila saya melanggar pernyataan ini !”. Kemudian klik berikutnya (disamping kanan)


Setelah itu Anda akan mendapatkan nomor pasangan KAP dan PIN. Segera lengkapi data Anda sebelum tanggal yang tertera pada halaman tersebut.


Langkah selanjutnya yaitu klik “Cetak” untuk mencetak KAP, PIN, dan biodata Anda. Selanjutnya nomor ini akan anda gunakan untuk login dan melengkapi borang.

Seperti itulah gambaran untuk calon peserta SBMPTN yang ingin mendapatkan KAP dan PIN SBMPTN yang berguna untuk melengkapi syarat pendaftaran. 

Semoga bermanfaat...


Ditulis Oleh : Unknown ~Nurul Fikri Bandung

NF Bandung Anda sedang membaca artikel berjudul Panduan Mudah Memperoleh KAP dan PIN SBMPTN yang ditulis oleh Nurul Fikri Bandung. Silahkan meninggalkan komentar jika ingin menambahkan dan berbagi kepada yang lain. Komentar positif dari Anda sangat bermanfaat bagi Kami.

:: LAKUKAN YANG TERBAIK, MAKA KITA AKAN HASILKAN YANG TERBAIK ::


Blog, Updated at: 1:11 AM
:: Nurul Fikri Mendidik Diri - Mendidik Generasi Baru. KITA MAJU BERSAMA ALLAH MENUJU MASA DEPAN CEMERLANG ::