Cara Mudah Mencari Ragam Rumus Segitiga



Cara Mencari Rumus Segitiga - Dalam pelajaran eksak khususnya Matematika, biasanya kita dihadapkan dengan ragam bentuk bangun dan ruang, salah satunya adalah segitiga. Pengertian segitiga sendiri adalah suatu bidang datar yang memiliki 3 sisi dan 3 titik sudut. Untuk mencari rumus luas segitiga itu bergantung dari setiap sisinya, ada yang sama sisi, sama kaki, dan sembarang. Berikut penjelasannya:

Segitiga dapat dibagi menjadi tiga yaitu:
  • Segitiga sama sisi, yaitu segitiga yang memiliki panjang sisi yang sama. Jika setiap sisinya sama maka otomatis sudutnya juga akan sama yaitu 60 derajat.
  • Segitiga sembarang, yaitu segitiga yang pada ketiga sisinya memiliki ukuran yang berbeda, maka ketiga titik sudutnya juga berbeda.
  • Segitiga sama kaki, yaitu segitiga yang memiliki dua sisi yang sama pada segitiga tersebut. Oleh karena itu akan ada dua titik sudut yang sama besar.
Sebelum kita membahas rumus luas segitiga, ada baiknya kita mengetahui dulu rumus keliling segitiga. Rumus keliling segitiga didapatkan dengan menjumlah setiap sisi pada segitiga tersebut, maka kita dapatkan rumus :
K = sisi1 + sisi2 + sisi3
Selanjutnya kita bahas masalah luas segitiga. Rumus umum luas segitiga yaitu :
L = 1/2 x a x t
Dimana a merupakan panjang alas segitiga dan t merupakan tinggi segitiga.

Rumus Luas Segitiga Sama Sisi

Segitiga sama sisi mempunyai rumus luas sebagai berikut :
Dimana a merupakan panjang sisi segitiga sama sisi tersebut.

Rumus Luas Segitiga Sembarang

Segitiga sembarang mempunyai rumus sebagai berikut :
Dimana s merupakan setengah dari keliling segitiga yaitu :
s = 1/2 (a + b + c)

Rumus Luas Segitiga Sama Kaki

Segitiga sama kaki mempunyai rumus sebagai berikut :
L = 2 x (1/2 x a x t)
Pada segitiga sama kaki akan terdapat 2 segitiga siku-siku yang merupakan hasil pembagian garis tinggi segitiga sama kaki.

Dari gambar diatas kita dapat melihat bahwa DC merupakan garis tinggi yang membagi segitiga ABC menjadi ACD dan BCD. panjang AD dan DB sama dan panjang AC dan BC adalah sama. Maka rumus luas segitiga sama kaki juga dapat ditulis menjadi :
L = a x t
dimana a merupakan alas dan t merupakan tinggi.

Demikianlah pembahasan mengenai seputar segitiga. Semoga bermanfaat.


Ditulis Oleh : Unknown ~Nurul Fikri Bandung

NF Bandung Anda sedang membaca artikel berjudul Cara Mudah Mencari Ragam Rumus Segitiga yang ditulis oleh Nurul Fikri Bandung. Silahkan meninggalkan komentar jika ingin menambahkan dan berbagi kepada yang lain. Komentar positif dari Anda sangat bermanfaat bagi Kami.

:: LAKUKAN YANG TERBAIK, MAKA KITA AKAN HASILKAN YANG TERBAIK ::


Blog, Updated at: 10:28 PM
:: Nurul Fikri Mendidik Diri - Mendidik Generasi Baru. KITA MAJU BERSAMA ALLAH MENUJU MASA DEPAN CEMERLANG ::