Cara Mudah Mengetahui Rumus Lingkaran



Pengertian dan Definisi Lingkaran - Untuk mengetahui apa itu pengertian lingkaran, alangkah lebih baik jika kita terlebih dahulu mengetahui definisi dari lingkaran itu sendiri. Dalam beberapa sumber menyebutkan bahwa lingkaran mkerupakan bidang yang dibentuk oleh kumpulan semua titik dalam satu bidang yang memiliki jarak yang sama dengan suatu titik pusat.

Radius dan Diameter Suatu Lingkaran


Dimensi suatu lingkaran dinyatakan dalam besaran radius atau diameter. Radius atau jari-jari suatu lingkaran adalah jarak antara titik tengah lingkaran dengan busur lingkaran. Diameter atau garis tengah suatu lingkaran adalah jarak antara dua titik pada busur lingkaran yang membentuk garis lurus melewati titik pusat lingkaran. Karena diameter lingkaran melewati titik pusat lingkaran maka diameter lingkaran sama dengan dua kali radius lingkaran tersebut.

Cara Menghitung Keliling Lingkaran


Untuk menghitung keliling suatu lingkaran maka harus diketahui dimensi radius atau diameter lingkaran tersebut. Keliling suatu lingkaran adalah panjang busur lingkaran dari suatu titik mengitari lingkaran sampai ke titik semula. 
Panjang keliling lingkaran = 2 x Pi x radius. 
Pi adalah konstanta lingkaran yang merupakan perbandingan antara keliling lingkaran terhadap diameter lingkaran yang besarnya 22/7 atau 3,142857… (dalam perhitungan sederhana seringkali digunakan angka 3,14 saja). Karena diameter sebuah lingkaran sama dengan dua kali radius, maka keliling suatu lingkaran juga dapat dinyatakan dengan rumus keliling = Pi x diameter. Satuan keliling adalah satuan panjang misalnya centimeter, inch, meter, dsb.

Cara Menghitung Luas Lingkaran

Untuk menghitung luas suatu lingkaran maka harus diketahui radius atau diameter lingkaran tersebut. 
Luas lingkaran = Pi x radius x radius.
Karena diameter lingkaran sama dua kali radiusnya, maka luas lingkaran dapat dinyatakan dengan rumus:
Luas = ¼ x Pi x diameter x diameter. 
Satuan luas adalah satuan panjang persegi seperti centimeter persegi, inch persegi, meter persegi, dsb.

Contoh Perhitungan Keliling dan Luas Lingkaran

1. Soal: Sebuah tutup kaleng berbentuk lingkaran memiliki diameter 15 cm, berapa jari-jari tutup kaleng tersebut. (Petunjuk diameter = 2 x radius). Jawab: jari-jari (radius) = (½) x diameter = (½) x 15 cm = 7,5 cm.

2. Soal: Berapa keliling lingkaran sebuah koin yang memiliki garis tengah 2,1 cm? (Petunjuk: keliling lingkaran = Pi x diameter). Jawab: Keliling lingkaran koin = (22/7) x 2,1 = 6,6 cm. 

3. Soal: Berapa luas permukaan sebuah meja yang berbentuk lingkaran yang memiliki jari-jari 70 cm? (Petunjuk: luas lingkaran = Pi x radius x radius). Jawab: Luas permukaan meja = (22/7) x 70 x 70 = 15400 centimeter persegi.

4. Soal: Hitunglah keliling dan luas permukaan selembar kertas yang berbentuk lingkaran dengan radius 3,5 cm? (Petunjuk: keliling lingkaran = 2 x Pi x radius, dan luas lingkaran = Pi x radius x radius). Jawab: Keliling permukaan kertas = 2 x (22/7) x 3,5 = 22 cm. Luas permukaan kertas = (22/7) x 3,5 x 3,5 = 38,5 centimeter persegi.


Ditulis Oleh : Unknown ~Nurul Fikri Bandung

NF Bandung Anda sedang membaca artikel berjudul Cara Mudah Mengetahui Rumus Lingkaran yang ditulis oleh Nurul Fikri Bandung. Silahkan meninggalkan komentar jika ingin menambahkan dan berbagi kepada yang lain. Komentar positif dari Anda sangat bermanfaat bagi Kami.

:: LAKUKAN YANG TERBAIK, MAKA KITA AKAN HASILKAN YANG TERBAIK ::


Blog, Updated at: 12:55 AM
:: Nurul Fikri Mendidik Diri - Mendidik Generasi Baru. KITA MAJU BERSAMA ALLAH MENUJU MASA DEPAN CEMERLANG ::